Berita
    [ PT. PAECO AGUNG ] Jangan lupa masukkan email anda di kolom subscribe di bagian bawah halaman ini agar mendapat update terbaru dari kami    [ PT. PAECO AGUNG ] Kami mendukung program pemerintah untuk membatasi pemakaian antibiotik    [ PT. PAECO AGUNG ] Jangan lupa kunjungi terus website kami untuk mendapatkan info terbaru dari kami. Selamat beraktifitas!!!    [ PT. PAECO AGUNG ] Marhaban Yaa Ramadhan,.. Kami PT. PAECO AGUNG mengucapkan "Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan". Selama Bulan Ramadhan, Kantor kami tutup pukul 16.00 WIB.

CARA MENGGUNAKAN MESIN CHOPPER JEPANG SFC DAN MFC YANG BAIK DAN BENAR

- CARA MENGGUNAKAN MESIN CHOPPER JEPANG SFC DAN MFC YANG BAIK DAN BENAR

CARA MENGGUNAKAN MESIN CHOPPER JEPANG (SFC/MFC) YANG BAIK DAN BENAR

        Mesin pencacah hijauan merupakan mesin yang digunakan untuk mencacah atau memotong ukuran aneka rumput seperti rumput gajah. Ukuran cacahannya biasanya antara 13-60 mm, sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil dari cacahan mesin rumput ini bisa langsung dikonsumsi hewan ternak, sehingga praktis dalam penggunaanya.

       Dewasa ini banyak kekeliruan dalam pemakaian mesin pencacah hijauan. Walaupun terlihat sepele, kekeliruan ini dapat berpengaruh pada hasil potongan mesin cacah dan kinerja mesinnya. Kekeliruan tersebut yaitu ketika pengguna mesin memasukan hijauan dengan cara pucuknya terlebih dahulu.

Berikut adalah cara bagaimana menggunakan mesin cacah hijauan (Chopper Jepang SFC/MFC) yang baik dan benar, sehingga hasil hijauan sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan kapasitas:

  1. Pastikan hijauan yang akan dipotong atau dicacah sebaiknya dipanen sesuai umur panen hijauan tersebut (contoh rumput gajah : 40 – 60 hari). Karena, apabila dipanen terlalu tua hijauan tersebut akan lebih kering dan keras, yang mana tidak baik untuk dikonsumsi hewan ternak dan hal tersebut pula dapat merusak mesin cacah hijauan, terutama pada bagian pisaunya.
  2. Hidupkan penggerak mesin pencacah/chopper (elektro motor/diesel/traktor), atur kecepatan putaran (RPM) sesuai anjuran pemakaian mesin.
  3. Pastikan tongkat pengaturan gerak roller pada posisi masuk/maju.

Gambar 1 : Tongkat pengatur gerak roller

 

      4. Masukan hijauan ke dalam mesin cacah dengan jumlah yang tidak berlebih, sesuai dengan ukuran lubang masuk hijauan.

Perlu diperhatikan :

Masukan hijauan yang akan dipotong ke dalam lubang mesin dengan cara ujung batangnya (bukan pucuk) terlebih dahulu agar hijauan masuk dengan sempurna. Karena, bila memasukan ujung daun (pucuk) terlebih dahulu bisa mengakibatkan terbelitnya daun di bagian roller chopper yang dapat menghambat laju mesin yang mengakibatkan hasil potongan tidak sesuai dengan keinginan.

Gambar 2 : Cara memasukan hijauan yang salah

(pucuk hijauan dimasukan terlebih dahulu)

 

Gambar 3: Cara memasukan hijauan yang benar

(ujung batang hijauan dimasukan terlebih dahulu)

 

  1. Setelah selesai pemotongan, matikan mesin penggerak chopper (diesel/tractor) dengan cara menurunkan gas secara bertahap, agar mesin penggerak tidak berhenti secara mendadak yang bisa mengakibatkan rusaknya komponen bagian dalam mesin penggerak tersebut.

 

 

Gambar 4: Mesin diesel dan pengatur gas mesin

 

  1. Bersihkan semua bagian chopper, jangan sampai ada sisi hijauan yang menempel dan lap sampai kering semua bagian yang terkena air dari hijauan, agar bagian mesin tidak mudah berkarat dan dapat dipergunakan dalam waktu yang lama.
  2. Berilah secara rutin setiap komponen mesin yang berputar dengan gemuk/stempet, dengan cara mengolesi gear-gear yang ada dan mengisi niple-niple stempet agar tidak terjadi gesekan diantara komponen yang bergerak, sehingga mesin menjadi awet.

 

   

Gambar 5 : Bagian-bagian yang harus diolesi dengan stempet.

      Demikianlah cara menggunakan mesin cacah hijauan yang baik dan benar, Semoga penjelasan-penjelasan yang kami berikan dapat dipahami dengan baik dan terima kasih atas kunjungannya.

 

           



Published by Admin

2018-05-21 07:00:08
Page Views : (1844)